29 Maret 2011

Mengenal Alexa Rank

Mencoba membahas tentang alexa yang merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan dalam hal membuat website.

Apa itu Alexa?

Alexa itu adalah sebuah band Indonesia yang saat ini gak tahu kemana kabarnya? lol
OK, Alexa.com adalah sebuah layanan informasi data situs di internet yang menghitung banyaknya jumlah pengunjung (harian, mingguan, bulanan, dan tahunan) dan dikalkulasikan dalam bentuk rangking yang menuruti/menganalisa banyaknya pengunjung pada suatu situs, banyaknya lalu lintas pada sebuah situs, banyaknya backlink pada suatu situs, banyaknya keywords pada suatu situs, dan avarage time stay the visitors on a site (rata-rata waktu pengunjung diam pada suatu situs).

Kegunaan Alexa
Selain dapat melihat rangking situs, Alexa.com juga menyediakan jasa & layanan kepada pengguna internet untuk melakukan rating & review pada suatu situs, uji banding antar situs, melihat banyaknya negara yang mengunjungi suatu situs, melihat kata kunci terbanyak yang masuk pada suatu situs, memperlihatkan trends audience pada suatu situs, dan memperlihatkan kontak informasi pada suatu situs.

Fungsi Alexa
Fungsi alexa.com, salah satunya adalah mempermudah para advertiser (pengiklan) untuk melakukan review ketika ingin memasang suatu iklan pada suatu situs. Karena alexa punya peran penting ketika calon pengiklan tersebut menginginkan data dari situs yang ingin dipasang iklan oleh pengiklan tersebut. Baik itu data audience, data negara yang paling banyak mengunjungi situs tersebut, atau pun data tentang kata kunci terbaik pada situs tersebut.

Bagaimana Cara Memperkecil Angka Alexa Ranking?
Pertanyaan ini sering banget muncul pada suatu forum atau pun search engine trends keywords. OK, saya mau coba berbagi bagaimana cara memperkecil angka alexa ranking sesuai dengan pengetahuan saya.

1. Coba anda baca kembali seluruh kalimat yang sudah saya tulis (dari atas sampe bawah). Terlihat seperti melakukan review bukan? Yo'i, intinya melakukan review untuk situs alexa juga akan membantu untuk memperkecil angka alexa ranking.

2. Memperbanyak jumlah pengunjung harian. Untuk hal ini, kalian bisa meningkatkan kunjungan harian pada situs kalian dengan cara mengiklankan situs pada layanan seperti PTC (Paid To Click). Ada banyak sekali situs paid to click yang menyediakan jasa kunjungan ke situs anda dengan harga yang beragam, mulai dari $1 untuk 1500 - 2000 pengunjung, ada juga yang $8 untuk 1000 pengunjung. Itu semua tergantung dari anda sendiri. Jangan lupa juga, pilih situs PTC yang sudah berdiri lebih dari 2 tahun.

3. Memasang Alexa toolbar pada browser application yang anda gunakan.

4. Blog walking, dan tinggalkan komentar. Maksudnya, berkomentarlah pada blog/artikel milik orang lain. Lakukan komentar tersebut setiap hari! minimal anda harus memasukkan 3 komentar pada setiap blog yang berbeda URL nya (bukan artikelnya). Hal ini juga berguna untuk menambahkan backlink pada situs Anda.


1 komentar:

  1. ulasannya menarik, andai diperinci mungkin akan lbh baik lagi...

    BalasHapus