5 April 2011

Jenis Warna dalam Photoshop

Warna-warna primer
Dari keseluruhan warna dalam spektrum yang terlihat, tiga diantaranya adalah warna yang spesial. Dikatakan spesial karena dari ketiga warna inilah warna-warna lainnya terbentuk. Oleh karena itu ketiga warna ini disebut warna primer, yaitu: merah/red, hijau/green, dan biru/blue atau RGB. Mungkin beberapa dari kita mengenal warna merah, kuning, dan biru sebagai warna primer. Perbedaan ini muncul dari sumber cahaya yang kita lihat. Jika dalam spektrum yang terlihat pancaran sumber cahaya berada pada panjang gelombang yang spesifik maka akan menghadirkan sistem warna subtraktif (subtractive color system).
Lebih lanjut dapat anda perhatikan perbedaan di bawah ini:
Sistem warna aditif (additive color systems), adalah produsen cahaya, seperti televisi dan monitor komputer. Jika anda pernah membasahi layar televisi atau komputer anda, anda pasti tahu kalau air tersebut akan menimbulkan efek pembesar sehingga anda dapat dengan jelas memperhatikan bahwa layar tersebut tersusun atas titik-titik kecil berwarna merah, hijau, dan biru. Titik-titik tersebut adalah blok pembangun warna dalam sistem warna aditif dengan warna lain terbentuk dari campuran ketiga warna ini dan warna putih merupakan gabungan dari ketiga warna ini dalam jumlah yang sama.
Sistem warna subtraktif (subtractive color systems) atau dengan kata lain material/unsur yang aktif merefleksikan cahaya sekitarnya untuk menghasilkan bermacam-macam warna. Sistem ini tidak menghasilkan cahaya sendiri melainkan bergantung pada material yang mencerminkan sumber cahaya sekitarnya untuk menentukan warna yg dilihat oleh mata manusia. Dalam sistem ini jika anda mencampurkan ketiga warna primer dengan komposisi yang sama (anda bisa mempraktekkannya dengan menggunakan cat), anda akan mendapatkan warna yang lebih mendekati hitam dan bukan warna putih seperti ketika anda mencampurkan ketiga warna primer dalam sumber aditif.

Warna-warna sekunder dan tersier
Warna sekunder didapat dengan menggabungkan warna primer yang bersebelahan. Dalam sistem warna aditif jika anda menggabungkan warna merah dan hijau anda akan mendapatkan warna kuning. Gabungan warna merah dan biru akan menghasilkan warna magenta/merah keungu-unguan. Bila anda menggabungkan warna biru dan hijau maka akan menghasilkan warna cyan/sejenis biru muda. Sedangkan warna tersier merupakan gabungan dari warna primer dan warna sekunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar