13 Oktober 2010

Serpihan-Serpihan Masa Lalu

Entahlah, sudah berapa lama serpihan-serpihan ini berserakan. Mungkin hampir 2 tahun. Serpihan-serpihan ini kembali aku temukan di lembaran-lembaran kertas yang terbengkalai dan puluhan memori yang tersembunyi jauh di ujung pikiranku.
Serpihan-serpihan ini jika kamu mau menatanya, tak ayal, mereka pasti membentuk satu kesatuan utuh. Satu kesatuan yang banyak orang menyebutnya sebagai masa lalu. Bukan sekedar masa lalu yang telah bau dan bisu. Serpihan-serpihan itu jika disusun rapi, mereka mampu menciptakan masa lalu yang hidup; berbicara dengan lancar, bahkan mungkin ia bisa koar-koar.
Entahlah, tapi yang pasti aku enggan untuk menyusunnya kembali. Kenapa ? Karena kalau ia tersusun utuh, bisa-bisa ia membunuhku. Lha koq bisa ?
Jelas bisa. Ini serius. Masa lalu itu sengaja aku pecah menjadi serpihan-serpihan kecil karena saat itu ia mau membunuhku. Emangnya aku gila sehingga mau dikejar-kejar oleh pembunuh manusia nomor satu ?

Btw, sebenarnya, pembunuh manusia nomor satu itu bukanlah rokok, apalagi sakit jantung. Sudah pasti, pembunuh nomor satu manusia adalah masa lalu dia sendiri.
Tidak percaya ? Coba saja korek-korek dalam pikiranmu, lalu kumpulkan tiap serpihan yang ada, kalau memang sudah terkumpul, gabungkan jadi satu. Aku jamin, niscaya kamu akan terbunuh olehnya. Sudahlah, ini aku sajikan sebagian dari serpihan-serpihanku. Semoga ini bukan semuanya, sehingga mereka tidak dapat disusun menjadi satu; jadi aku tidak dapat terbunuh oleh orang-orang usil yang sengaja mengumpulkan serpihan-serpihan itu dengan maksud untuk mengakhiri hidupku. Tak akan kubiarkan…

Pagi itu, sebersit cahaya mentari menyeruak
mendapati kau dan aku berdua
mungkin iri akan kemesraan kita
Ia tak beranjak, bahkan
semakin garang malah pancarkan panasnya

Tapi kini, sebersit cahaya mentari,
itu kembali;
Ia tertawa girang, senang bukan kepalang
ketika mendapati aku tergolek lemas
di ranjang air mata…


Kudapati kau di antara serombongan anak kuliah,
kulihat sesosok tubuh putihmu berdiri dengan senyum manis terkembang
Lalu, kugapai dirimu dengan senyum lembut,
dengan tatap mesra ketulusan
Dalam hati terbersit aura kasih.

Kuyakin kau akan paham,
mengerti setiap gerak mata ini,
akan tiap butir ketulusan hati
Meski pesimisme menaungi pikirku,
apakah kau juga tulus terhadapku ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar